Rabu, 23 Maret 2016

Honda Kembangkan DCT Untuk Motor Sport

Honda dikabarkan mulai mengembangkan teknologi DCT (Dual Clucth Transmission) untuk diaplikasikan pada motor sport. Hal tersebut sebagaimana yang dikatakan salah satu engineer Honda kepada Visordown.

Engineer Honda Kosaku Takahasi mengatakan bahwa pada akhir pekan lalu, pada saat peluncuran Honda NC750X dan Integra, dimana keduanya telah menggunakan teknologi DCT. Selain kedua motor tersebut produk Honda yang sudah dipasangi teknologi DCT adalah Africa Twin, dan VFR1200F.

Adapun untuk motor sport seperti Fireblade, CBR600RR dan yang lainnya saat ini belum dipasangi dengan teknologi DCT tersebut. Akan tetapi untuk kedepannya kemungkinan akan dipasangi teknologi tersebut sebagaimana yang diungkapkan Kosaku Takahasi engineer Honda.

Salah satu hambatan dalam pemasangan teknologi DCT pada motor sport Honda adalah dari segi ukuran dan beratnya. Karena gearboox DCT menggunakan Dual Clusth, yang mana itu lebih luas dan juga lebih berat dibanding dengan yang konvensional. Saat inipun  untuk motor Honda yang sudah dipasangi teknologi DCT seperti NC750X dan Africa Twin mempuyai bobot yang bertambah 10kg. Akan tetapi menurut Engineer Honda Takahasi mengatakan bahwa pihak Honda akan mengatasi masalah tersebut.

Jika Honda berhasil mengatasi masalah tersebut dimana jika berat antara motor sport yang dipasangi teknologi DCT tersebut bisa sama beratnya dengan model konvensional, maka bisa membuat motor sport Honda lebih kencang atau cepat. Ia juga mengklaim jika teknologi DCT tersebut dipasangkan untuk MotoGP atau RC213V akan membuatnya lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar